Kamis, 22 Desember 2011

HASIL LAPORAN BERKUNJUNG KE RADAR MALANG


Ketika kami berkunjung ke radar Malang kemarin ada beberapa hal yang sangat mengesankan, Pada awal mula para mahasiswa lintas  kelas yang berkunjung kesana mendapatkan meteri dan bimbingan di kantor radar Malang Tepatnya di jalan Arjuno, kemudian dilanjutkan ketempat percetakan diradar Malang Pakisaji. di sana kami memperoleh pengalaman baru dan mengetahui beberapa ilmu yang belum kami ketahui yaitu mengenai:
a.       bagaimana Koran itu dicetak,
b.      bagaimana cara mengatur warna di Koran,
c.       bagaimana menyusun tulisan di Koran,
d.      bagaimana alat (mesin) percetakan bekerja.
e.       Bagaimana berita dikirim
f.        dan bagaimana wartawan mengolah berita.
Saat saya sedang interview dengan petugas yang menulis berita, dia mengajari  bagaimana cara menulis yang baik dan mengajari menulis dengan konsep dasar S-P-O. (subyek-predikat-obyek) dalam hal ini mengingatkan kami ketika masih duduk di bangku sekolah and direcly to think ternyata pelajaran tersebut diajarka waktu mesih duduk di bangku sekolah dasar. Padahal konsep itu sangat penting untuk digunakan dalam  menulis dengan baik dan benar.
Selanjutnya dia mengajari kami bagaimana cara mengolah berita dalam situasi insidental. Kesannya Cara tersebut terdengar agak sulit tapi kalau dicermati memang sulit dipandang dari segi teori tapi mudah dalam peraktek, mungkin hanya ini pengalaman yang kami dapatkan mudah-mudahan bermanfaat di masa mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar